Isi dari blog ini di update di kambingjoynim.com

susu kambing

Susu kambing adalah susu yang diproduksi oleh kambing betina setelah melahirkan. Susu kambing yang dihasilkan dalam jangka waktu 0-3 hari disebut sebagai susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing terbaik adalah susu yang segar (raw goat milk). Susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus, yang disebabkan oleh asam kaproat dalam susu kambing, namun bau ini dapat di kurangi dengan memberikan berbagai variasi pakan ternak.

susu-kambing-susu-kambing-diperas-memeras-susu-kambing

Produksi susu kambing memberikan kontribusi sebesar 2% dari total prosuksi susu kambing dunia. Beberapa dari jenis kambing, memang dikembangbiakkan secara khusus untuk diambil susunya seperti kambing sanen, saphera dan anglo nubian. Susu kambing pada umumnya diproses menjadi keju, mentega, es krim, yogurt, sabun dan lain sebagainya.


Banyak beranggapan bahwa susu kambing adalah susu terbaik kedua setela ASI. Hal itu tidak sepenuhnya benar.  Departemen kesehatan United Kingdom mengeluarkan statement bahwa susu kambing tidak cocok untuk diberikan kepada bayi dan susu formula yang berdasarkan dari protein susu kambing tidak cocok sebagai sumber nutrisi untuk janin.
susu-kambing-susu-kambing-diperas-memeras-susu-kambing


Komposisi dasar berbagai susu per 100 gram adalah sbb:

kandungan |kambing | sapi  |manusia

lemak(g)              3.8          3.6       4.0

protein(g)           3.5          3.3       1.2

laktosa (g)          4.1          4.6       6.9

abu (g)                0.8          0.7       0.2

bahan padat (g)12.2      12.3      12.3

kalori                  70           69         68

Cukup sekian postingan tentang susu kambing semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: