Isi dari blog ini di update di kambingjoynim.com

Silase Pakan Kambing-Keuntungan dan Resiko

Secara alami kambing adalah tipe browser. Dalam mencari makan secara alami kambing selektif dalam memilih makanan. Kalau orang jawa bilang kambing itu ngramban tidak merumput seperti domba. Oleh karena itu ketersediaan hijauan makanan ternak menjadi salah satu tantangan terbesar dalam penyediaan pakan kambing.


Silase pakan kambing dapat menjadi sumber pakan ternak yang ekonomis. Apalagi untuk peternakan yang populasi kambing dan dombanya cukup besar. Silase jagung tersusun dari seluruh bagian tanaman jagung. Silase dapat dibuat untuk semua hijauan makanan ternak ( hmt) dan biji-bijian.

Resiko terbesar yang berhubungan dengan pemberian pakan silase untuk kambing dan domba adalah adalah listeriosis. Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeriosis monocytogenes. Listeria secara alami terdapat pada tanah yang kondisinya dingin dan lembab. Ia juga dapat dengan mudah tumbuh di pakan yang difermentasi dan hay basah.

Untuk tumbuh dalam silase pakan kambing, bakteri listeriosis membutuhkan oksigen dan ph diatas 5,5. Bakteri listeriosis akan tumbuh ditempat dimana terdapat kebocoran oksigen dalam bunker atau bag penyimpanan silase. Biasanya listeriosis muncul di bagian-bagian silo seperti bagian permukaan silo, sudut silo dan kemungkinan lain yang terdapat kebocoran silo. Sumber utama listeria adalah silase yang sudah berjamur.

Pada kambing dan domba, listeria dan menyebabkan keguguran, infeksi, peradangan otak dan cempe lahir mati. Gejala klinisnya terjadi sekitar 3 minggu setelah kambing dan domba memakan silase yang terdapat bakteri listeria. Belum terdapat obat untuk listeriosis. Untuk saat ini antibiotik dengan dosis tinggi digunakan untuk mencoba mengatasinya.

Dalam pemberian silase sebaiknya perharikan hal-hal berikut:

  • Selalu uji tingkat kandungan nutrisi dan mikotoksin
  • Seimbang dalam jumlan proporsi kandungan nutrisinya
  • Silase jangan diberikan ke kambing atau domba bila terdapat jamur atau mikotoksin
Demikian postingan mengenai resiko silase, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: